Home About Archive Exit Top
KULIAH : Laporan pengamatan sel : LIDAH MERTUA
Selasa, 07 Desember 2010 // 06.58


LIDAH MERTUA (  Sansevieria trifasciata Prain )

KLASIFIKASI :
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
     Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
         Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
             Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
                 Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
                     Sub Kelas: Liliidae
                         Ordo: Liliales
                             Famili:
Agavaceae
                                 Genus:
Sansevieria
                                     Spesies: Sansevieria trifasciata Prain.
Dikenal juga dengan nama  snake plant, mother-in-law´s tongue (inggris) dan lidah jin (melayu).

A.  TIGA SISTEM JARINGAN PRIMER PADA TUMBUHAN
Sebelumnya perlu diketahui bahwa Masing masing organ muda pada tumbuhan (daun, batang, atau akar), memiliki tiga sistem jaringan primer : sistem jaringan dermal (epidermis), sistem jaringan pembuluh (stele), dan sistem jaringan dasar (korteks). Masing-masing sistem jaringan ini sambung menyambung di seluruh tubuh tumbuhan, meskipun karakteristik spesifik jaringan dan hubungan spesialnya satu sama lain berbeda pada organ yang berbeda.
A.1 DAUN
Daun diselubungi oleh epidermis, dengan sel-sel yang saling menutupi secara rapat seperti potongan puzzle. Epidermis berfungsi untuk sebagai lapisan pertahanan pertama yang melawan kerusakan fisik dan organisme patogenik. Kutikula berlilin pada epidermis merupakan penghalang terhadap kehilangan air pada tumbuhan merupakan penghalang terhadap kehilangan air pada tumbuhan.  Rintangan epidermal diselah hanya oleh stomata, yaitu pori yang sangat kecil yang di apit oleh sel epidermal yang telah mengalami spesialisasi yang disebut sel penjaga ( guard cell). Masing-masing stomata sesungguhnya merupakan sebuah celah antara sepasang sel penjaga. Adanya stomata memungkinkan terjadinya pertukaran gas antara udara di sekitarnya dan sel-sel fotosintetik di bagian dalam daun. Stomata juga merupakan jalan utama hilangnya air pada tumbuhan melalui penguapan, suatu proses yang disebut transpirasi.
Jaringan dasar suatu daun diapit oleh epidermis bagian atas dan bawah pada daerah yang disebut mesofil (mesophyll). Jaringan ini sebagian besar terdiri dari sel-sel parenkima yang dilengkapi dengan kloroplas dan dikhususkan untuk melakukan fotosintesis.


A.2 BATANG

Jaringan primer batang.
Jaringan pembuluh memanjang di sepanjang sebuah batang dalam beberapa untaian yang disebut berkas pembuluh (vascular bunddle). pengaturan pembuluh pada batang berbeda pada pembuluh yang terdapat pada akar, dimana jaringan pembuluh membentuk suatu silinder pembuluh ditengah akar.  Masing-masing berkas pembuluh batang di kelilingi oleh jaringan dasar. Berkas pembuluh tersebar di seluruh jaringan dasar dan tidak tersusun dalam bentuk lingkaran. Jaringan dasar pada batang adalah parenkima. Lapisan luar batang di lapisi oleh epidermis yang menutupi batang sebagai dari sistem jaringan pelapis yang kontinu.
  A.3 AKAR
Sistem perakaran : serabut
Fungsi dari akar adalah menambatkan tumbuhan di atas tanah, menyerap mineral dan air, menghantarkan air dan nutrien, serta menyimpan makanan. Lapisan luar akar dilindungi oleh jaringan disebut Epidermis yaitu suatu lapisan tunggal sel-sel yang menutupi akar. Berasal dari protoderm. Air dan mineral yang memasuki tumbuhan dari tanah harus masuk melalui epidermis. Terdapat suatu modifikasi akar yaitu Rambut akar akan meningkatkan luas permukaan sel-sel epidermis.  Stele, berasal dari jaringan meristem primer yaitu prokambium, Merupakan berkas pembuluh dimana xilem dan floem berkembang. Pada akar,stele adalah sebuah silinder tengah tunggal. Pada akar tanaman lidah mertua, memiliki suatu pusat sel-sel parenkima, yang sering disebut empulur (pith), yang dikelilingi oleh jaringan pembuluh dengan pola xilem dan floem yang bergantian. Diantara protoderm dan prokambium terdapat meristem dasar, yang menjadi sistem jaringan dasar. Jaringan dasar yang sebagian terdiri atas sel-sel parenkima, mengisi korteks (cortex), yaitu daerah akar antara stele dan epidermis. Sel-sel jaringan dasar akarmenyimpan makanan, dan membran plasmanya aktif dalam pengambilan mineral yang memasuki akar dari larutan tanah. Lapisan paling dalam pengambilan mineral yang memasuki akar dari larutan tanah. Lapisan paling dalam pada korteks adalah endodermis, yaitu suatu silinder setebal satu sel yang membentuk perbatasan antara korteks dan stele. Perisikel adalah suatu lapisan sel yang meristematik dan mulai membelah kembali. Terletak di dalam endodermis.



BAB III
PENUTUP

3.1 KESIMPULAN

TIGA SISTEM JARINGAN PRIMER PADA TUMBUHAN

Sebelumnya perlu diketahui bahwa Masing masing organ muda pada tumbuhan (daun, batang, atau akar), memiliki tiga sistem jaringan primer : sistem jaringan dermal (epidermis), sistem jaringan pembuluh (stele), dan sistem jaringan dasar (korteks). Masing-masing sistem jaringan ini sambung menyambung di seluruh tubuh tumbuhan, meskipun karakteristik spesifik jaringan dan hubungan spesialnya satu sama lain berbeda pada organ yang berbeda.


 DAFTAR PUSTAKA
www.plantamor.com
Campbell, Biologi. 2000. Erlangga.
http://id.wikipedia.org/wiki/Sansevieria

-------------