Home About Archive Exit Top
KULIAH : LAPORAN MENGAMBIL DAN MENUANGKAN BAHAN PADAT
Senin, 06 Desember 2010 // 23.54

LAPORAN PRAKTIKUM
TEKNIK LABORATORIUM


1.      JUDUL KEGIATAN
“Mengambil dan Menuangkan Bahan Padat”

2.      TUJUAN KEGIATAN
Mengetahui cara mengambil dan menuangkan bahan padat dengan benar sehingga dapat mencegah dan meminimalisasi kecelakaan saat melakukan suatu percobaan di laboratorium.

3.      DASAR TEORI
Menuangkan bahan merupakan kegiatan yang banyak dilakukan di laboratorium. Bahan yang dituang dapat berupa bahan kimia berbahaya atau bahan kimia yang tidak berbahaya. Bahan baku berbentuk cair dan bahan baku berbentuk zat padat juga memerlukan teknik penuangan, bahan cair yang mudah membeku, seperti media agar yang digunakan di laboratorium mikrobiologi sebagai media tumbuh mikroba. Setiap akan menuangkan bahan sebaiknya baca secara teliti informasi yang terdapat dalam label atau prosedur kerja agar tidak terjadi kesalahan yang dapat menimbulkan kerugian atau kecelakaan. Berikut cara mengambil dan menuangkan zat kimia, contohnya pada zat kimia padat.


PROSEDUR KEGIATAN
1.      Alat dan Bahan : 
- Cawan porselen
- Spatula atau batang pengaduk
- Botol Bahan

2.      Langkah Kerja :
1.      Peganglah wadah bahan dengan baik. Bila wadah ditempelkan label yang menerangkan isi dalam wadah, letakkan label tersebut di bawah telapak tangan. Cara ini dimaksudkan untuk dapat mencegah adanya bahan yang menetes atau menempel pada label sehingga label tetap utuh.
2.      miringkan botol sedemikian rupa sehingga terdapat sedikit bahan yang masuk ke dalam tutup botol.
3.      Buka tutup botol tersebut secara hati-hati agar bahan kimia yang ada tidak kembali lagi ke dalam botol. Tarik perlahan tutup botol yang sudah berisi bahan, dan posisikan botol berlawanan arah dari sebelumnya.
4.      Ketuk tutup botol tersebut secara perlahan menggunakan batang pengaduk, sehingga bahan kimia dapat jatuh pada cawan porselen sesuai dengan jumlah yang diinginkan.




Label:


-------------