Home About Archive Exit Top
KULIAH : RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kamis, 10 Maret 2011 // 00.46

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama sekolah             : SMA negeri 1 Lahat
Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester         : XI (Sebelas)/ 1
Pertemuan ke-            : 3
Alokasi Waktu           :  2 x 45 menit (1 kali pertemuan)
Standar Kompetensi      :     1. 1         Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
Kompetensi Dasar         :     1.2          Mengidentifikasi organel sel tumbuhan dan hewan

      
I.    Indikator
·         Anak mampu Menyebutkan  nama-nama organel sel pada gambar sel
·         Anak mampu Menjelaskan fungsi organel-organel sel
·         Anak mampu membedakan Antara sel tumbuhan dan sel hewan

II.  Materi Ajar
            Definisi sel
Sel merupakan unit organisasi terkecil yang menjadi dasar kehidupan dalam arti biologis. Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel. Karena itulah, sel dapat berfungsi secara autonom asalkan seluruh kebutuhan hidupnya terpenuhi.

§  Membran Plasma
Tersusun atas lemak (lipid) dan protein (lipoprotein).
Fungsi: melindungi sel, mengatur keluar masuknya zat dan sebagai penerima rangsang dari luar sel.

§  Sitoplasma
Tersusun atas:
- cairan: sitosol
- padatan: berupa organela-organela
yaitu :
a.      Nukleus
Merupakan organel terbesar, berbentuk bulat, membran rangkap. Di dalam nucleus
terdapat nukleoplasma, yang terdiri atas benang ‘kromatin’ yang tersusun atas DNA,
RNA dan protein. Selain itu terkadang terbentuk nukleolus. Fungsi nukleus adalah
sebagai pengendali seluruh aktivitas sel, pengatur pembelahan sel dan pembawa
informasi genetik.
b.      Sentriol
Hanya dimiliki sel hewan.
Fungsi: menarik kromosom menuju ke kutub.
c.       Retikulum Endoplasma (RE)
Berbentuk benang-benang jala meliputi:
- RE kasar: terdapat ribosom, b’fungsi utk transpor & sintesis protein.
- RE halus: tdk t’dpt ribosom, b’fungsi utk transpor & sintesis lemak & steroid.
d.  Ribosom
Tersusun dr protein & RNA, b’bentuk bulat & tdk b’membran.
Fungsi: tempat b’langsungnya sintesis protein.
e. Kompleks Golgi
Terdiri atas membran b’bentuk kantong pipih. Pd sel tumbuhan, kompleks golgi disebut diktiosom. Fungsi: sekresi polisakarida, protein & lendir (musin).
f.  Lisosom
Merupakan membran b’bentuk kantong kecil berisi enzim hidrolitik yg b’fungsi dlm
pencernaan intrasel.
Fungsi lain:
- mencerna materi yg diambil secara endositosis.
- menghancurkan organela sel lain yg sudah tdk b’fungsi (autofage).
- menghancurkan selnya sendiri (autolisis).
g. Mitokondria
Memiliki membran rangkap (luar & dlm). Membran dlm berlekuk-lekuk membentuk
krista.
h. Mikrotubulus
Tersusun atas protein tubulin
Fungsi: punyusun spindel, sentriol, silia & flagela.
i. Mikrofilamen
Tersusun atas protein aktin Fungsi: dlm gerakan sel, sitoplasma, kontraksi otot & pembelahan sel.
j. Dinding Sel
Tersusun atas protein selulose, hemiselulose, pektin & lignin.
      Fungsi: memberi bentuk sel, melindungi bagian sebelah dlm, & mengatur transportasi zat.
k. Badan mikro
Terdiri:
- Peroksisom: mengandung enzim katalase.
- Glioksisom: mengandung enzim katalase & oksidase.
l. Plastida
Organela yg mengandung pigmen, meliputi:
-Kloroplas: plastida yg mengandung pigmen klorofil/hijau.
-Kromoplas: plastida yg mengandung pigmen merah, jingga, kuning.
-Leukoplas: plastida yg tdk mengandung pigmen.
m. Vakuola
Vakuola sel tumbuhan b’sifat menetap.
Fungsi: tmpt menyimpan cadangan mkanan, pigmen, minyak atsiri & sisa metabolisme.
Fungsi sitoplasma : tempat berlangsungnya reaksi metabolisme sel.


III. Metode Pembelajaran
Diskusi-Penugasan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

A.     Kegiatan awal (20 menit)
·         Membuka pelajaran dengan salam.
·         Mengabsen siswa – siswanya.
·         Guru menunjukkan gambar sel berdasarkan hasil pengamatan dengan mikroskop cahaya dan mikroskop elektron.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan prinsip mikroskop cahaya dan mikroskop elektron
B.     Kegiatan inti (60 menit)
·         Guru bersama siswa mendiskusikan organel-organel sel yang terdapat dalam sel.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan dan menjelaskan struktur dan fungsi organel- organel sel.
·         Siswa bersama guru mengidentifikasi perbedaan organel sel yang terdapat dalam sel hewan dan sel tumbuhan.
·         Guru menugaskan siswa untuk membuat poster sel

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
a.       Siswa bersama guru menyimpulkan struktur dan fungsi organel sel.
b.      Alat/Bahan/Sumber
-          Buku yang relevan
-          OHP/komputer/LCD
-          LKS, bahan presentasi, gambar gambar masalah biologi
c.       Evaluasi
-          Penilaian : Poster tentang sel
-          Penilaian kognitif : Tes soal Uraian
-          Kunci jawaban




Mengetahui
Kepala SMA N 1 LAHAT                                                   Guru


Drs. Mardjono Mardcon M.Pd                                             Septiani Dyta Utari, S.Pd
NIP. 130888693

Label:


-------------